Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 TOKOH PEMBAHARUAN ISLAM DI DUNIA (MESIR, TURKI, INDIA, INDONESIA)

Tokoh Pembaharuan Islam merupakan seseorang yang berpartisipasi dalam gerakan pembaharuan dalam Islam. Pembaruan tersebut meliputi baik Pembaharuan Islam di Indonesia, di Mesir, di Turki, di Arab Saudi maupun di negara lainnya.

Pengertian pembaharuan Islam

Secara bahasa pembaharuan disebut dengan istilah tajdid dengan arti pembaharuan. Pelaku atau tokoh yang melakukan pembaharuan disebut mujaddid. Pembaharuan Islam merupakan suatu usaha kaum muslimin dalam memahami kembali ajaran-ajaran agama untuk disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Perkembangan tersebut bisa disebabkan oleh apapun seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dengan kata lain pembaharuan di dunia Islam bisa kita katakan sebagai modernisasi ajaran keagamaan masyarakat muslim yang mulai tidak relevan dengan perkembangan zaman.
Gerakan pembaharuan Islam bukan merupakan hal baru dalam dunia Islam. Pada zaman Rasulullah dinilai sudah melakukan modernisasi ajaran Islam seperti telah disabdakan oleh Nabi Muhammad bahwa “sesungguhnya Allah akan mengutus kepada umat ini pada permulaan setiap abad orang-orang yang akan memperbaiki –memperbaharui- agamanya” (HR. Abu Daud).
Nabi memang tidak secara langsung menggunakan istilah pembaharuan, karena istilah pembaharuan baru muncul serta terkenal pada awal abad ke 18. Yaitu ketika terjadi kontak politik juga intelektual antara Islam dan barat. Pada saat itu, Islam mengalami kemunduran di bidang intelektual jika dibandingkan dengan barat. Oleh karena itu, para elit muslim tergugah untuk meninjau kembali ajarannya dan kemudian memperbaharuinya.

Gerakan pembaharuan dalam Islam

Upaya-upaya yang dilakukan oleh para tokoh muslim untuk memperbaharui pemahaman terhadap Islam kita sebut sebagai gerakan pembaharuan Islam. Lahirnya upaya tersebut dari tokoh pembaruan Islam disebabkan oleh terjadinya dialog antara Islam dan modernitas yang berlangsung sejak abad ke 18. Pada saat itu kekuatan politiknya mulai merosot, begitu pula dengan kekuatan intelektualnya terus mengalami kemunduran jika dibandingkan dengan barat.
Islam serta modernisasi memang terus mengalami pergumulan. Keadaan itu adalah keadaan sulit mengingat agama doktrin mutlak benar, tidak dapat diubah bahkan bersifat kekal, sementara di sisi lain perubahan serta perkembangan zaman terus terjadi tanpa henti. Maka lahirlah gerakan dari kalangan kaum muslimin untuk memperbaharui ajaran agamanya. Pintu ijtihad yang selama ini dipahami sebagai salah satu jalan tertutup rapat, kini dibuka kembali akibat tuntutan zaman. Ini latar belakang lahirnya gerakan pembaharuan Islam.
Gerakan pembaruan Islam ini tidak serta-merta melakukan perubahan sembarangan. Terdapat garis-garis yang membatasinya sehingga tidak bertentangan dengan ajaran inti Islam. Tokoh gerakan pembaharuan Islam mempunyai pola-pola tersendiri dalam melakukan pembaharuan.

Tokoh-Tokoh Pembaharuan

Tokoh pembaharuan Islam di Mesir

Jamaluddin Al Afgani

Pelopor Gerakan Pembaharuan di Mesir
Gambar Jamaluddin al Afgani Mesir
Salah satu tokoh pembaruan Jamaluddin Al Afgani  lahir di Afganistan pada tahun 1838 M, sedangkat tahun wafatnya terjadi pada 1987 M.
Ia disebut sebagai tokoh pembaharuan Islam di Mesir karena pemikirannya telah berhasil membuka jalan pada pembaruan Islam. di antaranya ialah ia mengatakan bahwa Islam merupakan agama yang relevan dengan situasi serta kondisi. Maka ajaran agama Islam adalah dinamis serta mengajarkan dinamisme berpikir dan berprilaku sesuai dengan ajaran Islam. Dalam kaitan antara Islam dengan negara, ia berpendapat bahwa kaum muslimin harus membangun nasionalisme dan internasionalisme agar kaum muslimin dapat bersatu. Menurutnya hanya dengan bersatu Islam dapat diarahkan untuk berkembang dan maju. Dalam masalah sistem negara, ia menawarkan untuk menerapkan sistem demokrasi yang berdasarkan musyawarah.

Tokoh Pembaharuan Islam di Turki

Mustafa Kemal

Pencetus Negara Sekuler Turki
Gambar Mustafa Kamal Turki
Ia lahir di Turki tahun 1881 M serta mati pada tahun 1938 M. Mustafa kemal merupakan salah satu dari tokoh-tokoh pembaharuan Turki yang berjasa memajukan Turki dari keterbelakangan. Pemikirannya tentang kemajuan Islam di Turki dipengaruhi oleh nasionalisme Turki dan ide kaum barat. Baginya, Turki akan maju jika Turki merdeka. Setelah merdeka kaum muslimin di Turki harus berjuang untuk memperoleh dan mewujudkan seluruh peradaban barat di Turki.
Pemikiran-pemikirannya di bidang pembaharuan ialah pertama jabatan khilafah harus diganti dengan jabatan presiden dipilih langsung oleh rakyat. Kedua ia berpendapat bahwa harus terjadi pemisahan antara negara dengan agama. Maka ide sekularisasi pun dimasukkan dalam konstitusi di tahun 1937 negara Turki.

Tokoh Pembaruan Islam di India

Sayyid Ahmad Khan

Tokoh Pembaharuan Islam di India
Gambar Sayyid Akhmad Khan India
Dilihat dari awalan namanya ia merupakan cucu nabi Muhammad melalui Sitti Fatimah dan Ali. Tokoh pembaruan islam tersebut lahir di Delhi tahun 1817 Masehi. Sedangkan wafatnya jatuh pada tahun 1898 M.
Sebagai tokoh pembaharuan di India, Sayyid Akhmad Khan mempunyai beberapa pemikiran pembaharuan. Di antaranya ialah manusia mempunyai kemampuan menggunakan akalnya secara maksimal dan melakukan kebebasannya tanpa harus melanggar ajaran-ajaran tauhid Allah dan tidak bertentangan dengan hukum Allah. Pemikiran ini dalam kajian filsafat biasa disebut dengan istilah free will dan free act.
Di samping itu, ia berpendapat manusia bisa mengubah nasibnya sendiri. Manusia bisa mengubah kehidupannya dari mundur menjadi maju, dari tertinggal menjadi maju. Akal dan potensi lain manusia yang diberikan Allah sudah cukup untuk mengubah keadaan manusia. Justru pemikiran tentang nasib manusia tidak bisa diubah oleh dirinya sendiri merupakan awal kemunduran kaum muslimin. paham fatalis kaum muslimin telah menyandera dirinya sendiri dan mengakibatkan ketertinggalan. Oleh karena itu jika umat islam ingin maju, maka harus terlebih dahulu mengubah pahamnya.

Tokoh Pembaharuan Islam Di Indonesia

Hasyim Asy’ari

Pendiiri Organisasi Islam terbesar Se Dunia
Gambar Hasyim Asy'ari Indonesia
Hasyim Asy’ari lahir di Jombang Indonesia pada 1871 M dan wafat di 1947 M. Ia merupakan pendiri organisasi Islam terbesar di Dunia yaitu NU. Ia merupakan tokoh pembaruan Islam di Indonesia. sebagai tokoh pembaharuan di Indonesia, tentu kiprahnya dalam pembaharuan agama patut tidak kita ragukan lagi.
Pemikiran-pemikiran pembaharuannya ialah budaya dan adat istiadat masyarakat merupakan hal yang memiliki manfaat dan tidak bertentangan dengan akidah islam, maka harus dilestarikan sebagai modal dalam menghadapi modernitas. Mendirikan madrasah-madrasah merupakan hal penting dalam upaya pengembangan dan kemajuan masyarakat.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.
close