Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi dan Sekularisasi Mustafa Kemal Ataturk (Tokoh Pembaharuan Islam Di Turki)

Mustafa Kemal Ataturk merupakan salah satu tokoh pembaharuan Islam Turki. Maka kita akan membahasnya secara detail baik Biografi dan Sekularisasi Mustafa Kemal Ataturk. Tokoh pembaharuan Islam dunia selain dia ialah Mohammad Iqbal.

Biografi Mustafa Kemal Ataturk

biografi dan sekularisasi mustafa kemal ataturk
Mustafa Kemal Ataturk
Mustafa Kemal Ataurk adalah pendiri Turki sekaligus presiden pertama Turki pada tahun 1923-1938 M. Tokoh berpengaruh itu tempatnya lahir di Salonika tahun 1881 M di di Salonica, Yunani. Nama aslinya ialah Ali Riza oglu Mustafa (Mustafa bin Ali Riza). Riza adalah nama ayahnya yaitu Ali Reza Efendi dan ibunya ialah Zebeyde Hanim.
Kemal kecil sebenarnya punya cita-cita yang menarik, yaitu ingin menjadi tentara. Itulah sebabnya pada tahun 1893 ia masuk sekolah militer Salonika, baru pada tahun 1896 ia masuk SMA Militer Monastir. Tahun 1899 pindah ke akademi militer di kawasan Konstatinopel/Istanbul dan lulus pada tahun 1905 dari perguruan tinggi Militer Ottoman Konstantinopel seperti menjadi komandan devisi ke-19 pada perang dunia.
Selepas dari belajarnya di dunia militer tampaknya mengantarnya pada kesuksesan pada dunia militer. Karier militernya cemerlang hingga ia mendapatkan posisi yang strategis di militer
Sejak kecil Attaturk bercita-cita menjadi  tentara sehingga ia masuk sekolah menengah militer. Karena kepandaiannya  dalam pelajaran matematika, gurunya menjulukinya Kemal, sebuah kata dalam  bahasa Arab yang berarti sempurna.
Kepiawaian di bidang militer dan strategi politiknya yang cerdas membuatnya banyak disukai orang. Kemudian ia mendapatkan banyak dukungan dari sejumlah besar masyarakat terutama di kalangan militer. Maka ketika Turkie pertama kali di deklarasikan sebagai suatu negara pengganti Bustami, Mustafa Kemal diangkat untuk menjadi presiden pertama Turki.
Di situlah awal ia mengubah banyak hal di negaranya. Mustafa Kemal at Tattruk mengubah wajah negaranya menjadi negara modern, demokratis serta modern. Konsekuensi dari itu negara Turkie mengubah penulisan dari huruf Arab ke latin, menjauhkan agama dari pemerintahan. Tentu kebijakan kontroversi ini mengalami banyak tantangan dari kalangan umat Islam di berbagai belahan dunia.
Tidak hanya itu, Kemal kemudian memperbaiki ekonomi dengan membuat banyak pabrik-pabrik dengan tujuan semakin memperkuat ekonomi dan membangun jaringan kereta yang modern di negaranya. Tentu langkah ini merupakan lompatan besar dalam sejarah Turki.
Pembaruan di bidang gender pun terjadi. Undang-undang yang menjamin kesetaraan hak antara laki-laki dan perempuan di ruang publik menjadi dilindungi oleh negara. Menghapus peraturan tentang kewajiban berhijab, dan memberikan hak politik kepada para wanita Turki agar juga dapat berkontribusi dalam membangun bangsa.

Pemikiran Mustafa Kemal

Konsep Sekulerisme Attaturk

Seperti yang pernah dijelaskan sepintas tadi, bahwa pasca Mustafa menjadi presiden pertama Turki, ia kemudian mengubah ideologi negara Islam menjadi sekuler. Ini merupakan terobosan yang kontroversi di dunia Islam. Langkah tersebut dilakukan demi untuk mengejar ketertinggalan Turki dari negara-negara barat. Ia memandang bahwa ideologi yang ekstrem di Turki waktu itu telah menghambar Turki untuk berkembang dan maju.
Menurutnya masyarakat Turki akan maju seperti Eropa jika sistem yang digunakan adalah sistem yang digunakan Eropa. Maka kebijakan ini tentu melahirkan kontroversi yang bahkan hingga kini masih dinilai negatif oleh sebagian sarjana muslim. Tapi bagi penulis, tampaknya ini adalah langkah yang tepat bagi Turki, bahwa memang ekstremisme Islam dapat menghambat kemajuan umat Islam. Namun ada beberapa hal yang menurut penulis kebijakan Mustafa berlebihan. Misalkan ketika ia mengganti adzan dari bahasa Arab menjadi bahasa Turki.
Menurut penulis perubahan bahasa dalam adzan tidak relevan dengan kemajuan suatu masyarakat. Karena adzan itu sendiri sebuah panggilan untuk shalat. Adzan menggunakan bahasa tidak ada kaitannya dengan kemunduran Turki. Yang berkaitan itu memang doktri fiqih ekstrem yang kemudian menutup pintu ijtihad. Menurut penulis Kemal sudah melakukan itu.
Namun kebijakan itu tidak hanya mendapatkan kecaman dari umat Islam di luar Turki. Tokoh-tokoh dalam negeri Turki pun sebenarnya juga banyak yang menolak kebijakan tersebut. Kebijakan ini justru menjadikan mereka bersatu menolak konsep Kemal. Para tokoh tersebut tidak rela Islam diperlakukan demikian. Mereka tidak menginginkan Islam kehilangan legitimasinya di Turki. Kemudian mereka bersatu yang ditandai dengan lahirnya Partai Demokrasi Turki pada tahun 1950 M. Tujuan dari semua itu adalah untuk mengembalikan posisi Islam pada tempat semula. Di samping itu kebangkitan umat Islam tersebut ditandai oleh berdirinya Fakultas Teologi di Universitas Ankara. Fakultas ini diberi tugas membasmi kemelaratan keagamaan yang telah dibuat oleh Kemal.
Jika memang gerakan Mustafa Kemal ini melahir sekularisme di Turki, lalu mengapa ia disebut juga sebagai tokoh pembaharusn Islam? Penulis berpendapat bahwa anugerah tokoh pembaharuan Islam yang diberikan oleh peneliti terhadapnya adalah sebuah bentuk penghormatan kepadanya bahwa ia telah berusaha dan mampu membebaskan umat Islam Turki dari belenggu keagamaan yang jumud. Sebelumnya, masyarakat Turki sangat terbelakang dan anti pada kemajuan dan ilmu pengetahuan yang berasal dari barat. Semenjak ia menjadi presiden, Turki kemudian ia ubah menjadi bernar-benar terbuka meskipun menurut sebagian ulama muslim keterbukaan Turki pada waktu itu hingga kebablasan. Tetapi penulis sangat mengapresiasi usaha dan keberhasilan Kemal dalam menyulap Turki menjadi negara yang maju seperti sekarang.
Demikian penjelasan kami tentang biografi dan sekularisasi Mustafa Kemal Ataturk. Kekurangannya mohon ditambah kan ya.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Biografi dan Sekularisasi Mustafa Kemal Ataturk (Tokoh Pembaharuan Islam Di Turki)"

close