Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SIFAT JAIZ RASUL LENGKAP DENGAN DALIL DAN ARABNYA

Sifat jaiz rasul merupakan sifat-sifat bisa dimiliki oleh siapa pun, karena sifat yang ini sama dengan sifat manusia pada umumnya.

Definisi Sifat Jaiz Rasul

Istilah jaiz berasal dari bahasa arab yang artinya boleh. Maka arti dari sifat jaiz bagi rasul adalah sifat-sifat yang bisa saja dimiliki oleh seorang rasul sebagaimana manusia lainnya. Sedangkan sifat ini bisa disebut dengan kalimat
الا عرض البشريه (Al a'roodl al basyariyyah)
Artinya “sifat-sifat kemanusiaan”.
Di mana seorang rasul sangat juga mempunyai sifat sebagaimana manusia pada umumnya seperti sakit, kenyang, lapar, beristri, beraktivitas dan sifat-sifat lain yang tidak mengurangi kerasulannya.
Contoh sifat manusia yang mengurangi kerasulan ialah seperti gila. tidak mungkin terdapat seorang rasul yang gila. Kalau pun toh ada seorang yang dianggap rasul gila, maka dia sudah tidak lagi layak dianggap rasul. Karena kegilaannya telah mengurangi kerasulannya.
sifat jaiz bagi rasul

Dalil Sifat Jaiz Rasul

Al-Mu’minun ayat 33

مَا ہٰذَاۤ اِلَّا بَشَرٌ مِّثۡلُکُمۡ ۙ یَاۡکُلُ مِمَّا تَاۡکُلُوۡنَ مِنۡہُ وَ یَشۡرَبُ مِمَّا تَشۡرَبُوۡنَ
“(Orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan dari apa yang kamu makan, dan meminum dari apa yang kamu minum.” (Al-Mu’minun: 33).

Al-Furqon ayat 20

وَمَآ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنَ الْمُرْسَلِيْنَ إِلاَّ أَنَّهُمْ لَيَأْكُلُوْنَ الطَّعَامَ وَ يَمْشُوْنَ فِى الأَسْوَاقِ

“Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelum kamu melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar.” (Al-Furqon: 20)

Al-Ra'd ayat 38

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَٰجًا وَذُرِّيَّةً ۚ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَن يَأْتِىَ بِـَٔايَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۗ لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ
“Ayat ini diturunkan ketika orang-orang kafir mencela Nabi saw. karena istrinya banyak, yaitu: (Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan) yakni anak-anak, sedangkan engkau adalah salah satu di antara para rasul itu. (Dan tidak ada hak bagi seorang rasul) di antara para rasul itu (mendatangkan sesuatu ayat melainkan dengan izin Allah) karena para rasul itu tiada lain hanyalah hamba-hamba yang diasuh-Nya. (Bagi tiap-tiap masa) zaman (ada kitab) yang tertera di dalamnya tentang batas masa berlakunya.” (Q.S Al-Ra'd: 38)
Untuk melihat video sifat-sifat rasul mulai dari sifat jaiz rasul, sifat wajib rasul, dan sifat mustahil bagi rasul ada di sini.

Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "SIFAT JAIZ RASUL LENGKAP DENGAN DALIL DAN ARABNYA"

close