Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UNSUR-UNSUR SENI RUPA, FUNGSI DAN PENGELOMPOKANNYA

Unsur-unsur seni rupa dan fungsinya merupakan pembahasan inti dari kajian seni rupa. 8 unsur unsur seni rupa yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang. Pengelompokan seni rupa ada 3 yaitu karya seni murni, karya seni pakai atau terapan, dan karya seni rupa berdasarkan dimensinya. Sedangkan fungsi seni rupa ada 2 yaitu fungsi individual dan fungsi sosial.

Unsur-unsur Seni Rupa

Unsur-unsur dapat diartikan sebagai elemen-elemen yang menyusun seni rupa sehingga menjadi suatu karya seni yang utuh untuk dapat dinikmati. 8 unsur unsur seni rupa di antaranya ialah

1).   Titik

Titip merupakan unsur mendasar dari suatu karya seni. Titik bisa dikatakan sebagai awal dari terciptanya seni rupa secara fisik. Tanpa titik maka seni hanyalah berbentuk hayalan. Berawal dari titik garis, bentuk atau bidang dapat tercipta. Maka menurut para tokoh karya seni rupa terdiri dari sekumpulan titik yang bersatu padu membentuk suatu karya seni rupa yang indah.
Unsur-unsur seni rupa dan fungsinya titik

2).   Garis

Garis merupakan jenis unsur kedua setelah titik. Garis mempunyai variasi yaitu panjang, pendek, lurus, lengkung dan lainnya. Setiap jenis garis mempunyai kesan tersendiri seperti garis lengkung mendatangkan kesan lembut dan lentur, variasi garis lurus akan menghasilkan kesan tegak dan keras.
Lebih jelas lagi garis sebenarnya mempunyai makna tertentu seperti garis tegak menunjukkan keagungan, kestabilan. Garis miring melahirkan gambaran tentang keguncangan atau ketidakstabilan. Garis tegas memperlihatkan kekuatan sedangkan garis halus atau melengkung lengkung memberikan kesan kelembutan, atau kewanitaan.
Unsur-unsur seni rupa dan fungsinya garis

3).   Bidang

Garis adalah sekumpulan titik, sedangkan bidang merupakan sekumpulan garis yang membatasi suatu bentuk yang kemudian membentuk bidang. Bidang dapat dikatakan sebagai sekumpulan garis yang mempunyai sisi panjang dan lebar serta mempunyai ukuran.
Unsur-unsur seni rupa dan fungsinya bidang

4).   Bentuk

Dalam seni rupa, bentuk mempunyai pembagian yaitu bentuk geometris dan non geometris.
Bentuk geometris adalah yang terdapat dalam ilmu ukur meliputi bentuk kubistis seperti balok, kubus serta bentuk silindris seperti tabung, kerucut dan bola.
Sedangkan bentuk non geometris ialah berupa bentuk yang meniru alam seperti bentuk yang meniru tubuh manusia, hewan pohon dan lainnya.
fungsi seni rupa bentuk

5).   Ruang

Dalam kajian seni rupa, ruang bisa kita bagi menjadi dua di antaranya ialah ruang non fisik yang biasa kita sebut sebagai ruang khayalan atau ilusi. Contohnya seperti ruang yang dihasilkan dari kesan lukisan. Sedangkan ruang berikutnya ialah ruang dalam bentuk nyata atau real. Contoh ruang nyata yaitu ruang pada kamar, pada patung dan lainnya.
fungsi seni rupa ruang

6).   Warna

Warna merupakan kesan yang muncul dari pantulan cahaya pada mata. Pembagiannya terdiri dari tiga seperti warna primer ialah warna asli yang tidak berasal dari apapun seperti merah, biru, kuning. Kedua warna sekunder. Warna sekunder ialah warna campuran dari warna primer contohnya merah + kuning : jingga. biru + kuning : hijau. merah + biru : ungu. Sedangkan warna tersier adalah hasil campuran antara warna primer dan warna sekunder. Contohnya kuning + hijau : kuning kehijau-hijauan. biru + ungu : ungu kebiruan. jingga + merah : jingga kemerahan. Sedangkan warna putih dan hitam ialah warna  yang netral.
Pengelompokan seni rupa warna

7).   Tekstur

Kali ini kita akan membahas tentang tekstur. Tekstur dapat kita pahami sebagai sifat dan keadaan pada suatu permukaan bidan pada sebuah karya seni rupa. Benda-benda mempunyai sifat permukaan yang tidak sama. Tekstur dibagi menjadi dua bagian yaitu tekstur nyata (nilai raba yang sama antara penglihatan dan rabaan) dan semu (kesan yang berbeda antara penglihatan dan perabaan.
Pengelompokan seni rupa tekstur

8).   Gelap Terang

Dalam karya seni rupa pasti mempunyai pencahayaan atau entitas yang berbeda pada setiap bagian. Karya seni rupa seperti lukisan pemandangan alam. Pencahayaan dalam lukisan tersebut akan menimbulkan kesan mendalam.
Pengelompokan seni rupa gelap terang

Fungsi-fungsi Seni Rupa

Dalam kajian seni rupa ternyata tidak hanya membahas tentang unsur-unsurnya. Lebih dari itu, seni rupa juga mempunyai fungsi-fungsi. Dua fungsi seni rupa pertama fungsi individual dan fungsi sosial.

Fungsi Individual Seni Rupa

Fungsi individual ini terbagi menjadi dua 1. Fisik, merupakan seni yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia baik yang dipakai langsung maupun pelengkap dari aktivitasnya. 2. Emosional, fungsi sebagai efek kerja sama antara penciptaan seni/seniman yang telah menyampaikan ekspresinya terhadap penikmat karya seni rupa.

Fungsi Sosial Seni Rupa

Fungsi ini mempunyai pembagian-pembagian di antaranya pendidikan, komunikasi, rekreasi dan keagamaan. Fungsi pendidikan adalah sebagai sarana dalam mempermudah dan memperbagus cara pembelajaran dalam dunia pendidikan sehingga anak didik mampu menerima dan menangkap lebih cepat pembelajaran yang ada. Fungsi rekreasi ialah berhubungan dengan penyegaran dan pembaharuan kondisi emosional masyarakat seperti pembuatan taman rekreasi, dan pusat wisata lainnya oleh pemerintah menggunakan seniman. Fungsi komunikasi adalah mempermudah penyebaran informasi kepada penerima informasi dengan memberikan sentuhan kreativitas. Fungsi seni rupa dalam keagamaan salah satunya adalah mempermudah identifikasi kekhasan dalam agama.

Pengelompokan Seni Rupa

Kalau kita bahas lebih dalam, seni rupa dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu murni, pakai/terapan, dan karya seni rupa yang berdasarkan dimensinya.
Karya seni rupa murni atau juga dikenal dengan fine art adalah bentuk seni rupa yang diciptakan dengan lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya atau seniman tanpa mencampur adukannya dengan fungsi atau kegunaan tertentu. Karya seni rupa murni seperti seni lukis dan seni patung.
Karya seni pakai atau terapan atau applied art adalah karya seni yang lebih mengutamakan fungsi tertentu. Karya seni rupa terapan seperti seni dekorasi, ilustrasi, seni grafis, reklame, kerajinan/kriya, keramik, arsitektur, batik dan grafika.
Sedangkan seni rupa berdasarkan dimensinya terbagi atas dua di antaranya karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Pengertian karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang terbentuk dari unsur panjang dan lebar. Sedangkan pengertian karya seni rupa tiga dimensi atau trimatra adalah karya seni rupa yang memiliki tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi serta memiliki unsur kesan ruang, volume dan bentuk. Contohnya seni keramik, bonsai, diorama dan lainnya.
 
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "UNSUR-UNSUR SENI RUPA, FUNGSI DAN PENGELOMPOKANNYA"

close