Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia

Postingan yang berjudul sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama dalam Islam di Indonesia adalah materi yang biasanya dikaji oleh siswa kelas X. Akan tetapi kajian sejarah Indonesia harus diketahui oleh semua golongan, baik yang kecil maupun yang sudah dewasa.
Umat Islam merupakan masyarakat yang mempunyai andil besar dalam membantu bangsa Indonesia menuju kemajuan. Tokoh-tokoh agama seperti Wali Songo merupakan tokoh beberapa contoh bagaimana tokoh pengembang Islam ikut serta dalam membangun karakter bangsa hingga ke lapisan masyarakat yang paling bawah.

Sebagian Peran Tokoh Pengembang Agama Islam di Indonesia ialah

Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik)

Sunan Gersik merupakan salah satu tokoh yang berada di pulau Jawa pada abad ke-13 Masehi. Sunan Gersik berjasa dalam pengembangan metode dakwah bijaksana dan santun. Ia mampu memadukan agama dan budaya Indonesia. Meskipun Islam masuk ke Indonesia, tapi tidak dengan membuang budaya-budaya Indonesia. Kearifan budaya Indonesia tetap terjaga.
Di samping itu, dia juga mampu menciptakan masyarakat yang berakhlak dan lemah lembut. Ia memberikan contoh kepada masyarakat tentang hidup santun dan ramah. Santun kepada yang fakir, menghormati yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda.
Selain kedua jasa di atas, Maulana Malik Ibrahim juga menjadi tabib di mana ia selalu menyempatkan diri untuk mengobati secara gratis masyarakat yang mengalami sakit.
Maulana Malik Ibrahim
Malana Malik Ibrahim Gersik

Raden Rahmat (Sunan Ampel)

Ia adalah keturunan Nabi Muhammad dari Fatimah. Raden Rahmat disebut sebagai raden karena ia merupakan putra dari Maulana Malik Ibrahim. Selain sebagai seorang raden Sunan Ampel juga dikenal sebagai perancang kerajaan Islam dengan ibu kota Bintoro, Demak. Kerajaan tersebut dikenal sebagai kerajaan pertama di Jawa. Dia juga dikenal sebagai ahli di bidang desain masjid di Jawa.
Sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama islam di indonesia sunan ampel
Raden Rahmat Ampel

Syarifuddin (Sunan Derajat)

Raden Syarifuddin adalah saudara Sunan Bonang yang merukapan anak dari Sunan Ampel. Ia lahir pada 1740 M. Perannya terhadap Indonesia sebagai seorang tokoh Islam ialah dialah yang membangun jiwa sosial masyarakat islam Indonesia yang kemudian menjadi salah satu karakter bangsa Indonesia.
Dalam berdakwah, ia berjiwa sosial tinggi, memperhatikan nasib kaum miskin dan mengutamakan kesejahteraan sosial masyarakat. Ia mengajarkan tentang empati dan etos kerja berupa pengentasan kemiskinan, usaha menciptakan kemakmuran, kedermawanan, solidaritas sosial dan gotong royong.
Sayarifuddin Sunan Drajat ulama yang berperan penting dalam pengembangan indonesia
Sayarifuddin Sunan Drajat

Makdum Ibrahim (Sunan Bonang)

Raden Makdum Ibrahim adalah putra dari Sunan Ampel juga dikenal dengan sebutan Sunan Bonang. Sumbangsihnya untuk Indonesia dan Islam Indonesia ialah metode dakwah melalui musik tradisional. Bahkan gelar bonang merupakan salah satu nama dari alat musik tradisional. Ia lah orang yang memadukan antara Islam sebagai agama dan seni tradisional. Ini adalah metode unik dalam penyebaran dakwah tanpa kekerasan.
Selain itu, ia juga telah membangun mental masyarakat untuk menjauhi musuk utama, yaitu dunia, hawa nafsu, dan setan. Untuk menghindari ketiga musuh itu, mereka dianjurkan untuk bersikap renda hatih, dan tidak mudah putus asa, dan bersyukur atas nikmat Allah SWT. Juga mereka harus menjauhi sikap dengki, sombong, serakah, serta gila pangkat dan kehormatan.
Sunan Bonang tokoh pengembang islam
Makdum Ibrahim, Sunan Bonang
4 tokoh yang di sampaikan di atas merupakan sebagian kecil dari banyak tokoh-tokoh Islam Indonesia yang telah berjasa dalam membangun karakter masyarakat Indonesia hingga kemudian mampu melawan penjajah dan kin menjadi bangsa yang kuat. Tanpa dasar-dasar pemikiran dan karakter yang mereka berikan sejak lama, bisa saja kemerdekaan Indonesia akan dicapai lebih rumit lagi. Kami sebagai bagian dari bangsa ini cukup bersyuku atas keberadaan tokoh-tokoh di atas. Hingga saat ini, ajaran-ajarannya tentang Islam damai terus dikamapanyekan oleh muslim di Indonesia.

Jadi jika ada yang bertanya kepada kita tentang Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia, maka kita sudah mempunyai jawabannya ya. Yuk komen dan share ya sebanyak-banyaknya ya.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia"

close