Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERTANYAAN TENTANG FILSAFAT KETUHANAN DALAM ISLAM


Pertanyaan tentang filsafat ketuhanan dalam Islam memang banyak. Namun kali ini kita akan membahasnya beberapa saja. Yaitu Pertanyaan-pertanyaan yang banyak muncul ketika kita membahasnya di setiap kesempatan. Di antara pertanyaan-pertanyaan tersebut ialah sebagai berikut.
Benarkah Tuhan itu ada dalam Islam?
Pertanyaan ini sebenarnya kurang pas dipertanyakan dalam filsafat Islam, karena seluruh filosof Islam mengakui keberadaan Tuhan.
Jika memang Tuhan ada, Apa argumen tentang keberadaan Tuhan/ALLAH?
Pertanyaan ini lah yang cukup elegan untuk dipertanyakan. Setiap filosof muslim yang mengakui keberadaan Allah pasti ia mempunyai argumen tersendiri untuk membantah para atheis.
Jika Allah tidak ada. Apa yang akan terjadi? Mungkinkah Allah itu tidak ada?

apa perbedaan Allah dengan manusia dalam Islam?
Pertanyaan ini fokus pada diferensiasi antara Tuhan dan manusia. Secara sepintas, Tuhan dapat menciptakan sesuatu, manusia juga dapat mencintakan sesuatu. Namun apa yang membedakan keduanya, jika sama saja mengapa harus dibedakan antara manusia dan Tuhan?
Apakah Allah mempunyai sifat atau tidak?
Apa perbedaan sifat Allah dan Allah itu sendiri?
Ada filosof Islam yang berpendapat bahwa manusia adalah abadi. Lalu apa beda keabadian Tuhan dengan keabadian manusia? Ambil jawaban tentang beda keabadaian Tuhan dengan alam.

Demikian pembahasan kita mengenai pertanyaan tentang filsafat ketuhanan dalam Islam. Jika ada tambahan pertanyaan dan jawaban akan kami up date tulisan ini.

Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "PERTANYAAN TENTANG FILSAFAT KETUHANAN DALAM ISLAM"

close