Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HIKMAH PERILAKU JUJUR DAN DALILNYA

Bagi masyarakat modern, berprilaku jujur adalah hal yang sangat sulit. Itu terjadi bisa saja karena manusia modern tidak memahami hikmah perilaku jujur yang hakiki.

Definisi Jujur

Jujur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia jujur mengandung arti lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus atau ikhlas. Jujur dalam arti luas berarti kesesuaian antara perkataan, hati dan perilaku yang kita tampilkan. Jika terdapat ketidaksesuaian antara ke tiga tersebut, maka itulah yang disebut dengan bohong. Bohong merupakan kebalikan dari kata jujur.

Hikmah Perilaku Jujur Bagi Pelakunya

Dari berbagai kajian yang membahas tentang hikmah jujur, yang para penulis sebutkan hikmah dari prilaku jujur dapat kita kategorikan menjadi pertama ialah Mendapatkan ridha Allah SWT. Kedua, mendapatkan pahala yang sangat besar. Ketiga, dilimpahi kemudahan dalam hidupnya. Keempat, diselamatkan dari bahaya dan adzab dari Allah. Kelima ialah perasaan dan pikiran menjadi tenang. Keenam, menjalankan perintah Allah. Itulah hikmah perilaku jujur secara simpel.
hikmah perilaku jujur
Di samping faidah-faidah jujur yang telah kita bahas di atas akan kita bahas dalil tentang kejujuran.

Ayat Alquran tentang Kejujuran

Surat At Taubah Ayat 119
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ  وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ
“ Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah SWT, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”
Surat Al Zumar Ayat 33
وَٱلَّذِي جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ  وَصَدَّقَ بِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ
“ Dan orang yang membawa kebenaran (Nabi Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”
Surat Al Maidah Ayat 8
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ  عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ
“ Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah SWT, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu kepada sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adil lah, karena adil lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Surat Al Nahl Ayat 105
إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ  بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ
“ Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah SWT, dan mereka itulah orang-orang pendusta.”
Surat Al Ankabut Ayat 3
وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ  صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَٰذِبِينَ
“ Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah set mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

Dalil-dalil Hadis

عَلَيْكُمْبِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ  وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ   يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ  حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّالْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَايَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ   وَيَتَحَرَّىالْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا
“ Hendaklah kalian senantiasa berperilaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan kepada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah SWT sebagai orang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta atau bohong, karena sesungguhnya bohong akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan kepada neraka. Jika seseorang senang berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah SWT sebagai pendusta.”
دَعْمَا يَرِيبُكَ  إِلَىمَا لاَ يَرِيبُكَ  فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ
“ Tinggalkan lah yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta/bohong/menipu akan menggelisahkan jiwa.”
إِنَّالتُّجَّارَ يُبْعَثُونَ  يَوْمَ الْقِيَامَةِ  فُجَّارًا إِلاَّ مَنِ اتَّقَى اللَّهَ وَبَرَّ وَصَدَقَ
“ Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat suatu saat nanti sebagai orang-orang jahat kecuali pedagang yang bertakwa pada Allah, berbuat baik dan berlaku jujur.”
الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا - أَوْ  قَالَ حَتَّى يَتَفَرَّقَا - فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا  فِى بَيْعِهِمَا ، وَإِنْ كَتَمَا وَكَذَبَا  مُحِقَتْ بَرَكَةُ  بَيْعِهِمَا
“ Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing dari keduanya memiliki hak pilih selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya berprilaku jujur dan saling terus terang, maka keduanya akan memperoleh keberkahan dalam transaksi tersebut. Sebaliknya, bila mereka berlaku bohong dan saling menutup-nutupi, niscaya akan hilanglah keberkahan bagi mereka pada transaksi itu.”
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ  إِذَاحَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا  وَعَدَ أَخْلَفَ  وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ

“ Tanda orang munafik ada tiga, yaitu dusta dalam perkataan, menyelisihi janji jika membuat janji dan khinat terhadap amanah.”
Hikmah perilaku jujur beserta dalil-dalilnya yang telah kami sampaikan di atas merupakan hasil kajian para akademisi tentang kejujuran.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "HIKMAH PERILAKU JUJUR DAN DALILNYA"

close