Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH ONTOLOGI EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Filsafat merupakan ilmu yang membahas tentang teori-teori abstrak hingga para pelajarnya kesulitan mengaitkannya dengan kehidupan. Maka di sini akan dibahas contoh ontologi epistemologi dan aksiologi dalam kehidupan sehari-hari.

Definisi Ontologi

Ontologi merupakan kata yang berasal dari Yunani yaitu ontos dan logos. Ontos artinya yang ada, sedangkan logos adalah ilmu. Maka ontologi merupakan ilmu tentang keberadaan. Ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat segala sesuatu yang ada, baik berupa realitas fisik maupun metafisik.

Contoh Ontologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penulis akan memberikan contoh sederhana yaitu ontologi kursi. Ontologi kursi adalah realitas tentang kursi. Dengan kata lain ontologi menjawab pertanyaan tentang apa sebenarnya realitas hakiki dari kursi. Menurut Plato realitasnya ialah idea atau gambaran yang membuat kita selalu mengenali tentang kursi. Begitu banyak bentuk atau model-model kursi, namun idea tentang kursi inilah yang membuat kita tetap mengenali bahwa itu adalah kursi meskipun bentuknya kadang berubah-ubah.
Contoh lain ialah ontologi tentang sahabat kita. Kita mengenal sahabat kita ketika SD. Kemudian berpisah dan ketemu lagi 15 tahun berikutnya. Secara fisik sahabat kita berubah (mungkin makin tua, makin gemuk), tetapi ada sesuatu yang tetap dalam dirinya. Sesuatu yang tetap yang membuat kita tetap mengenal dan tahu bahwa ia adalah sahabat kita (bukan yang lain) meskipun secara fisik ia berubah. Itulah yang disebut ontologi dari sahabat kita.

Definisi Epistemologi

Secara bahasa epistemologi berasal dari kata episteme dan logos. Masing-masing artinya episteme adalah pengetahuan sedangkan logos berarti ilmu atau teori. Epistemologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang ilmu pengetahuan yaitu berupa asal mula atau sumber pengetahuan, struktur, metode dan kevalidan pengetahuan.

Contoh epistemologi dalam kehidupan sehari-hari

contoh ontologi epistemologi dan aksiologi dalam kehidupan sehari-hariContoh epistemologi sederhana dalam kehidupan sehari-hari ialah tentang bagaimana kita mendapatkan ilmu pengetahuan. Misalkan contoh tentang kursi. Pertanyaannya ialah bagaimana cara kita mengetahui bahwa itu adalah kursi. Dengan apa kita mengetahui kalah apa yang kita tangkap adalah benar-benar kursi.
Pada mula kita menangkap keberadaan dan pengetahuan tentang kursi melalui pancaindra, kemudian dianalisa oleh akal. Akal mengklasifikasikannya sehingga menjadi sebuah ilmu pengetahuan tentang kursi. Itulah praktek sederhana atau contoh epistemologi dalam kehidupan sehari-hari.

Definisi aksiologi

Definisi aksiologi berasal dari kata axio (layak, pantas) dan logos (ilmu). Jujun Suriasumantri mengatakan bahwa aksiologi merupakan teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Maka aksiologi merupakan ilmu yang membahas tentang hakikat kegunaan atau manfaat dari pengetahuan yang sebenarnya.

Contoh Aksiologi dalam kehidupan sehari-hari

Ranah aksiologi di antaranya ialah tentang etika dan estetika. Setelah kita mengetahui suatu ilmu pengetahuan, lalu kemudian dilanjutkan dengan kajian aksiologi di mana aksiologi ini membahas tentang manfaat dari ilmu pengetahuan yang telah kita dapatkan. Apakah pengetahuan itu akan bermanfaat atau malah sebaliknya.
Jika kita kaitkan dengan ilmu pengetahuan yang pernah kita bahas di awal yaitu pengetahuan tentang kursi, maka apakah kursi itu bermanfaat apa tidak kepada kehidupan sehari-hari kita.
Kajian tentang contoh ontologi epistemologi dan aksiologi dalam kehidupan sehari-hari sudah dipaparkan dengan baik. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

4 comments for "CONTOH ONTOLOGI EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Anonymous April 22, 2019 at 11:38 PM Delete Comment
contoh nya yg lebih ilmiah
Unknown April 30, 2019 at 4:26 PM Delete Comment
konsep tentang ontologi epistemologi aksiologi
Unknown September 13, 2019 at 10:44 AM Delete Comment
Sangat membantu
nur ilmi s.z December 31, 2020 at 8:18 PM Delete Comment
termakasih kak. ini sangat membantu
close