Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

THE NEW NORMAL LIFE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF ISLAM (1)


https://Sabdakhairuss.blogspot.com - Pandemi Covid-19 adalah pandemi global yang telah meluluhlantakan dunia secara global dan telah memberikan dampak yang sangat besar dalam berbagai sektor (aspek) kehidupan manusia, dari aspek sosial, ekonomi, keagamaan, dan lain-lain. Jutaan manusia di dunia ini telah meninggal dunia gara-gara terpapar Covid ini.
New Normal di tengah pandemi covid-19 menurut islam
Penyebaran Covid ini sangat misterius, sehingga menyulitkan bagi kita untuk menghindarinya. Untuk itulah maka pemerintah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penularannya. Ada negara (daerah) yang melakukan lockdown dan ada yang PSBB disertai dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Masing-masing negara melakukan upaya ini dengan tujuan untuk menghindari penyebaran Covid ini. Semua itu ditujukan agar setiap warga menjaga social distancing, yang merupakan salah satu cara untuk menghindari penularan Covid-19 itu.
Penerapan kebijakan itu ternyata telah menimbulkan berbagai persoalan baru yang sangat besar bagi masyarakat, terutama dalam aspek ekonomi. Banyak orang yang di PHK, karena perusahaan tidak mampu lagi membayar gaji mereka karena pemasukan perusahaan menjadi menurun. Banyak orang yang sudah bisa bekerja lagi karena ada pelayanan langsung yang diberikan. Angkot tidak boleh lagi mengangkut penumpang. Sudah mulai banyak orang yang mengalami krisis pangan, tidak makan karena tidak adalgi sumber keuangan yang memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Dengan melihat kondisi-kondisi di atas, dan jika akan berklanjut dengan PSBB yang ketat seperti itu, akan menimbulkan banyak kurban, karena karena terpapar Covid tetapi karena mereka tidak makan, dan tidak dapat membiayai kehidupan mereka, karena sumber pendapatan mereka sudah tidak ada. Karena itu, maka pemerintah mengambil kebijakan baru, yang disebut dengan The New Normal (The New Normal Life), yaitu sebuah aturan baru yang mengatur tata kehidupan normal yang baru. Kebijakan itu diambil dalam kaitannya dengan relaksasi PSBB, yaitu ada pelonggaran, yang membolehkan masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatannya seperti biasa, tetapi dengan tatacara yang baru.
Bagaimana The New Normal Life, jika dikaitkan dengan pandangan Islam atau penerapan syari’at Islam di tengah terjadinya pandemi Covid 19 ini. Besok tunggu uraiannya.

UIN Jakarta
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "THE NEW NORMAL LIFE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF ISLAM (1)"

close