Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

Beberapa web telah Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri, namun blog ini akan membahasnya lebih detail dan mendalam meliputi definisi norma dan 3 manfaatnya.
3 manfaat menaati norma

Definisi Norma

Norma ialah aturan tidak tertulis yang mengikat dan berlaku di tengah masyarakat. Setiap masyarakat secara sadar mengikuti aturan-aturan tersebut. norma juga dapat diartikan sebagai standar perilaku yang diakui dan dijalankan bersama oleh anggota masyarakat 

Jenis Norma

Terdapat beberapa jenis norma di antaranya islah norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma hukum.

Fungsi Norma

Ada pun fungsi norma di antaranya ialah menciptakan keadaan aman dan tertib, mencegah benturan kepentingan antar masyarakat, memberi petunjuk dalam menjalankan kehidupan, mengatur prilaku sebagaimana nilai yang berlaku dan membantu mencapai tujuan bersama di masyarakat

Manfaat Mena'ati Norma

Di antara manfaat tersebut di antaranya ialah
Pertama, membuat kita tenang menjalani hidup. Melakukan apa yang telah menjadi aturan bersama di tengah masyarakat akan membuat kita tenang dalam bersosial dengan masyarakat. Dengan melakukan aturan tersebut, masyarakat tidak akan ada yang dirugikan dan tidak ada yang merasa terganggu. Oleh karena itu, akan tercipta ketengan tersendiri di tengah masyarakat.
Kedua, mudah bergaul dan banyak teman. Taat terhadap norma pasti akan membuat kita diterima oleh masyarakat, karena sudah ada pada satu tujuan di bawah naungan norma. Dengan kita diterima oleh masyarakat tentunya kita dapat dengan mudah bergaul dan bersosial dengan masyarakat setempat. Secara otomatis, temanpun akan bertambah dengan mudah.
Ketiga, menjaga tingkah laku. Tingkah laku adalah hal yang sangat penting ketika hidup bermasyarakat. Sesungguhnya melakukaan norma sama saja dengan menjaga tingkah laku kita dari berbagai hal yang bertentangan dengan kehendak bersama di masyarakat. 

Jika ada tugas yang berbunyi jelaskan 3 manfaat menaati norma bagi diri sendiri, maka jawablah dengan jawaban di atas.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri"

close