Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGAPA ALLAH ITU AS SAMI SEBUTKAN BUKTI BUKTINYA

Jawaban dari pertanyaan mengapa Allah itu as-sami' dan bukti-buktinya memang belum menemukan yang benar-benar pas. Alasannya adalah sederhana, karena manusia belum bertemu langsung denganNya, sehingga tidak bisa memberikan alasan yang masuk akal. Namun kita coba untuk menjelaskan minimal dekat dengan jawaban sesungguhnya.

mengapa allah itu as sami sebutkan buktinya
Arti dan Maksud as-Sami’

Kata as-Sami' dalam bahasa Arab ialah (السَّمِيعُ) yang berarti Maha Mendengar. Allah mempunyai sifat maha mendengar sebagaimana disebutkan dalam Asmaul Husna. Allah dikatakan sebagai as-Sami' karena allah maha mendengar segala sesuatu baik dalam bentuk suara maupun tidak dalam bentuk suara. Pendengaran allah menembus batas apapun atau tanpa batas. Kita berdoa dengan atau tanpa suara pun Allah akan mendengarnya. Bahkan niat-niat kita yang tak pernah kita sampaikan kepada orang lain pun, Allah akan mendengarnya dengan baik.

Alasan Allah as Sami'

Allah mempunyai sifat as sami' karena Allah adalah maha segalanya. Sebagai Tuhan dari jagad raya ini, sudah sangat masuk akal jika Allah mempunyai sifat tersebut. Tentunya Allah akan memiliki sifat yang jauh di atas sifat manusia, karena Allahlah yang menciptakan semuanya dan Allah sempurna, tidak sebagaimana makhluknya.

As-Sami' dalam al-Qur’an

IDalil-dalil tentang sifat as Sami' Allah berada pada beberapa ayat. Istilah As-Sami' Disebut dalam al-Qur’an tepatnya terdapat pada 45 Ayat. Di antaranya ialah Qs Al Baqarah:127, Qs Al Baqarah:137, Qs Al Baqarah:181, Qs Al Baqarah:224, Qs Al Baqarah:227, Qs Al Baqarah:244, Qs Al Baqarah:256, Qs Ali Imran:34, Qs Ali Imran:35, Qs Ali Imran:38, Qs Ali Imran:121, Qs An Nisa:58, Qs An Nisa:134, Qs An Nisa:148, Qs Al Maidah:76, Qs Al Anam:13, Qs Al Anam:115, Qs Al Araf:200, Qs Al Anfal:17, Qs Al Anfal:42, Qs Al Anfal:53, Qs Al Anfal:61, Qs At Tawbah:98, Qs At Tawbah:103, Qs Yunus:65, Qs Yusuf:34, Qs Ibrahim:39, Qs Al Isra:1, Qs Al Anbiya:4, Qs Al Hajj:61, Qs Al Hajj:75, Qs An Nur:21, Qs An Nur:60, Qs Asy Syuara:220, Qs Al Ankabut:5, Qs Al Ankabut:60, Qs Luqman:28, Qs Saba:50, Qs Al Mumin:20, Qs Al Mumin:56, Qs Fushshilat:36, Qs Asy Syura:11, Qs Ad Dukhan:6, Qs Al Hujurat:1, Qs Al Mujadilah:1.
Untuk mengetahui lebih detail, maka lebih baik membacanya langsung di al-Qur’an dan membaca tafsirnya sehingga benar-benar paham maksud as-sami’ dalam al-Qur’an.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.
close