RPS Logika Hukum Islam Terbaru
|
UNIVERSITAS ISLAM MADURA FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
|||||
RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER GENAP 2020/2021 |
||||||
Mata Kuliah |
Kode Mata
Kuliah |
Bobot SKS |
Semester |
Tgl Penyusunan |
||
Logika Hukum Islam |
|
2 Sks |
VI |
15 Maret 2021 |
||
Otorisasi |
Dosen Pengembang
RPS |
Koordinator
Bidang Keahlian |
Ka Prodi |
|||
Shofiatul Jannah, MIRKH |
Tanda Tangan Terang |
Tanda Tangan
Terang |
||||
Capaian Pembelajaran
Lulusan (CPL) |
CPL Prodi |
|||||
Sikap |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
|||||
|
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
|
Memiliki integritas dan
etika profesi hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila |
|||||
Pengetahuan |
Menguasai pengetahuan dan
langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif,
inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk
memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas
akademik dan non akademik. |
|||||
Keterampilan |
Mampu menerapkan pemikiran logis,
kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
|||||
|
CP MK |
|
||||
|
M1 |
Mahasiswa mampu menguasai
pengetahuan dasar-dasar berpikir yang benar dan mampu menyampaikan gagasan
ilmiah |
||||
Deskripsi Mata Kuliah |
|
Mata kuliah logika hukum Islam merupakan mata kuliah yang
membahas hubungan logika dengan hukum Islam, penerapannya serta pengaruh
logika dalam metode istinbat hukum Islam dan kajian yang berhubungan,
penalaran induktif dalam hukum Islam, serta kajian lain yang berkaitan dengan
logika hukum Islam.
|
||||
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan (Materi Ajar) |
|
1.
Pengertian
logika serta tujuan dan kegunaannya 2.
Sejarah
perkembangan logika 3.
Relasi
antara logika dengan hukum Islam 4.
Pentingnya
logika dalam hukum Islam 5.
Sejarah
penggunaan logika dalam hukum Islam 6.
Deduksi
dan induksi sebagai metode penalaran 7.
Pengaruh
logika dalam metode istinbat hukum Islam 8.
Teori
penalaran hukum klasik 9.
Perkembangan
teori hukum Islam 10.
Landasan
teoritis dalam hukum Islam 11.
Asimilasi
logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam 12.
Penalaran
induktif dalam kajian hukum Islam 13.
Teori
induksi dalam penalaran hukum al-Syatibi |
||||
Daftar Pustaka |
|
1.
Alex
Lanur, Logika: Selayang Pandang, Yogyakarta: Kanisius, 1983. 2.
W.
Pespoprodjo dan T. Gilareso, Logika Ilmu Menalar: Dasar-Dasar Berpikir
Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dialektis, Bandung: Pustaka Grafika,
2011. 3.
Jan
Hendrik Rapar, Pengantar Logika, Yogyakarta: Kanisius, 1996. 4.
Sukadijo.
Logika, Jakarta: Gramedia, 2007. 5.
Ahmad
Dardiri, Logika: dan Pengembangan Penalaran, Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Pendidikan UNY, 2002. 6.
Muhammad
Husni, Pengantar Logika, Yogyakarta, Gama Exacta Coorporation, 1995. 7.
Abu
Yasid, Logika Ushul Fiqh, Yogyakarta: IRCiSoD, 2019. 8.
Muallif
Sahlani, Prosedur Beristinbath Hukum Islam, Yogyakarta: Sumbangsih
Offset, 1991. 9.
Umar
Shihab, Hukum Islam dan Transformasi Pemikiran, Semarang: Dina Utama,
1996. 10. Hasbi ash Shiddiqiy , Pengantar Hukum Islam, Jakarta:
Bulan Bintang, 1975. |
||||
Metode Pembelajaran |
|
Interactive lecturing, Diskusi |
||||
Media Pembelajaran |
|
Non virtual: white board, markers, notebook Virtual: Media social (Google Class Room, Google Form, whatsap
group, youtube) |
||||
Tim Pengajar |
|
Shofiatul Jannah,MIRKH |
||||
Pertemuan Ke |
Kemampuan
akhir yang diharapkan |
Indikator
Penilaian |
Kriteria dan
Bentuk Penilaian |
Bahan Kajian (Materi Ajar) |
Metode
Pembelajaran |
Estimasi
Waktu |
Bobot
Penilaian (%) |
1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan mata kuliah logika
hukum Islam secara umum dan khusus |
Mahasiswa dapat mendeskripsikan
mata kuliah logika hukum Islam secara umum dan khusus selama satu semester dan dapat memahami tujuan
pembelajaran dan ruang lingkup perkuliahan |
Mahasiswa mencatat semua informasi secara ringkas pada logbook |
- RPS - Kontrak Kuliah - Pendahuluan gambaran umum tentang mata kuliah logika hukum Islam |
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian
logika serta tujuan dan kegunaannya
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian
logika serta tujuan dan kegunaannya
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1.
Penulisan
makalah 2.
Presentasi
|
- Pengertian logika - Tujuan dan keguanaan ilmu logika |
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
3 |
mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan logika |
Mahasiswa dapat menjelaskan relasi antara sejarah
perkembangan logika |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Sejarah perkembangan logika |
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
4 |
Mahasiswa mampu memahami relasi antara logika dengan hukum Islam
|
Mahasiswa dapat memahami relasi antara
logika dengan hukum Islam
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Pengertian hukum Islam - Relasi logika dengan hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
5 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan pentingnya
logika dalam hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pentingnya
logika dalam hukum Islam
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Pentingnya logika dalam hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
6 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan sejarah
penggunaan logika dalam hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan sejarah
penggunaan logika dalam hukum Islam
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Sejarah penggunaan logika dalam hukum
Islam |
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
7 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan deduksi dan induksi sebagai metode penalaran
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan deduksi dan
induksi sebagai metode penalaran |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Pengertian metode deduksi - Pengertian metode induksi
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) 30% |
||||||
9 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengaruh
logika dalam metode istinbat hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengaruh
logika dalam metode istinbat hukum Islam |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- pengaruh
logika dalam metode istinbat hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
10 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan teori
penalaran hukum klasik
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan teori
penalaran hukum klasik |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- teori
penalaran hukum klasik
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
11 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan perkembangan
teori hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan perkembangan
teori hukum Islam
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Perkembangan teori hukum Islan
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan landasan teoritis dalam hukum Islam
|
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan
teoritis dalam hukum Islam |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- landasan
teoritis dalam hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
13 |
Mahasiswa
mampu memahami asimilasi
logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat memahami asimilasi
logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam
|
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Asimilasi
logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
14 |
Mahasiswa
mampu memahami penalaran
induktif dalam kajian hukum Islam
|
Mahasiswa
dapat memahami penalaran
induktif dalam kajian hukum Islam |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Penalaran
induktif dalam kajian hukum Islam
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
15 |
Mahasiswa
mampu menjelaskan teori induksi
dalam penalaran hukum al-Syatibi
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan teori induksi
dalam penalaran hukum al-Syatibi |
Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya
Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
makalah 2. Presentasi
|
- Biografi al-Syatibi - Teori induksi
dalam penalaran hukum al-Syatibi
|
- Interactive lecturing - Tanya jawab - Diskusi |
90 menit |
|
16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) 40% |
Post a Comment for "RPS Logika Hukum Islam Terbaru"