RPS Logika Hukum Islam Terbaru
| 
 | UNIVERSITAS ISLAM MADURA FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | |||||
| RENCANA PEMBELAJARAN
  SEMESTER GENAP 2020/2021 | ||||||
|           Mata Kuliah | Kode Mata
  Kuliah | Bobot SKS | Semester | Tgl Penyusunan | ||
| Logika Hukum Islam  | 
 | 2 Sks | VI | 15 Maret 2021 | ||
| Otorisasi  | Dosen Pengembang
  RPS | Koordinator
  Bidang Keahlian | Ka Prodi | |||
| Shofiatul Jannah, MIRKH | Tanda Tangan Terang | Tanda Tangan
  Terang | ||||
| 
 
 
 
 
 Capaian Pembelajaran
  Lulusan (CPL) | CPL Prodi | |||||
| Sikap  | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
  Esa dan mampu menunjukkan sikap religious | |||||
| 
 | Menunjukkan sikap bertanggung
  jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
| 
 | Memiliki integritas dan
  etika profesi hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila | |||||
| Pengetahuan  | Menguasai pengetahuan dan
  langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif,
  inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk
  memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas
  akademik dan non akademik. | |||||
| Keterampilan  | Mampu menerapkan pemikiran logis,
  kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
  humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | |||||
| 
 | CP MK | 
 | ||||
| 
 | M1 | Mahasiswa mampu menguasai
  pengetahuan dasar-dasar berpikir yang benar dan mampu menyampaikan gagasan
  ilmiah | ||||
| Deskripsi Mata Kuliah  | 
 | Mata kuliah logika hukum Islam merupakan mata kuliah yang
  membahas hubungan logika dengan hukum Islam, penerapannya serta pengaruh
  logika dalam metode istinbat hukum Islam dan kajian yang berhubungan,
  penalaran induktif dalam hukum Islam, serta kajian lain yang berkaitan dengan
  logika hukum Islam. 
 | ||||
| Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan (Materi Ajar) | 
 | 
 1.    
  Pengertian
  logika serta tujuan dan kegunaannya 2.    
  Sejarah
  perkembangan logika 3.    
  Relasi
  antara logika dengan hukum Islam 4.    
  Pentingnya
  logika dalam hukum Islam 5.    
  Sejarah
  penggunaan logika dalam hukum Islam 6.    
  Deduksi
  dan induksi sebagai metode penalaran 7.    
  Pengaruh
  logika dalam metode istinbat hukum Islam 8.    
  Teori
  penalaran hukum klasik 9.    
  Perkembangan
  teori hukum Islam 10. 
  Landasan
  teoritis dalam hukum Islam 11. 
  Asimilasi
  logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam 12. 
  Penalaran
  induktif dalam kajian hukum Islam 13. 
  Teori
  induksi dalam penalaran hukum al-Syatibi | ||||
| Daftar Pustaka | 
 | 1.    
  Alex
  Lanur, Logika: Selayang Pandang, Yogyakarta: Kanisius, 1983.  2.    
  W.
  Pespoprodjo dan T. Gilareso, Logika Ilmu Menalar: Dasar-Dasar Berpikir
  Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dialektis, Bandung: Pustaka Grafika,
  2011. 3.    
  Jan
  Hendrik Rapar, Pengantar Logika, Yogyakarta: Kanisius, 1996.  4.    
  Sukadijo.
  Logika, Jakarta: Gramedia, 2007. 5.    
  Ahmad
  Dardiri, Logika: dan Pengembangan Penalaran, Yogyakarta: Fakultas Ilmu
  Pendidikan UNY, 2002. 6.    
  Muhammad
  Husni, Pengantar Logika, Yogyakarta, Gama Exacta Coorporation, 1995. 7.    
  Abu
  Yasid, Logika Ushul Fiqh, Yogyakarta: IRCiSoD, 2019. 8.    
  Muallif
  Sahlani, Prosedur Beristinbath Hukum Islam, Yogyakarta: Sumbangsih
  Offset, 1991. 9.    
  Umar
  Shihab, Hukum Islam dan Transformasi Pemikiran, Semarang: Dina Utama,
  1996. 10. Hasbi ash Shiddiqiy , Pengantar Hukum Islam, Jakarta:
  Bulan Bintang, 1975. | ||||
| Metode Pembelajaran | 
 | Interactive lecturing, Diskusi | ||||
| Media Pembelajaran | 
 | Non virtual: white board, markers, notebook Virtual: Media social (Google Class Room, Google Form, whatsap
  group, youtube) | ||||
| Tim Pengajar | 
 | Shofiatul Jannah,MIRKH | ||||
| Pertemuan Ke | Kemampuan
  akhir yang diharapkan | Indikator
  Penilaian | Kriteria dan
  Bentuk Penilaian | Bahan Kajian (Materi Ajar) | Metode
  Pembelajaran  | Estimasi
  Waktu | Bobot
  Penilaian (%) | 
| 1 | Mahasiswa mampu mendeskripsikan mata kuliah logika
  hukum Islam secara umum dan khusus | Mahasiswa dapat mendeskripsikan
  mata kuliah logika hukum Islam secara umum dan khusus selama satu semester dan dapat memahami tujuan
  pembelajaran dan ruang lingkup perkuliahan  | Mahasiswa mencatat semua informasi secara ringkas pada logbook | -     RPS -     Kontrak Kuliah -     Pendahuluan gambaran umum tentang mata kuliah logika hukum Islam | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian
  logika serta tujuan dan kegunaannya 
 | Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian
  logika serta tujuan dan kegunaannya 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1.
  Penulisan
  makalah 2.
  Presentasi 
 | -    Pengertian logika -    Tujuan dan keguanaan ilmu logika  | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 3 | mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan logika | Mahasiswa dapat menjelaskan relasi antara sejarah
  perkembangan logika  | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Sejarah perkembangan logika | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 4 | Mahasiswa mampu memahami relasi antara logika dengan hukum Islam 
 | Mahasiswa dapat memahami relasi antara
  logika dengan hukum Islam 
 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Pengertian hukum Islam -      Relasi logika dengan hukum Islam   
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 5 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan pentingnya
  logika dalam hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan pentingnya
  logika dalam hukum Islam 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Pentingnya logika dalam hukum Islam  
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 6 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan sejarah
  penggunaan logika dalam hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan sejarah
  penggunaan logika dalam hukum Islam 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Sejarah penggunaan logika dalam hukum
  Islam | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 7 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan deduksi dan induksi sebagai metode penalaran 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan deduksi dan
  induksi sebagai metode penalaran | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Pengertian metode deduksi -      Pengertian metode induksi  
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 8 |  Ujian Tengah Semester (UTS) 30% | ||||||
| 9 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan pengaruh
  logika dalam metode istinbat hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan pengaruh
  logika dalam metode istinbat hukum Islam | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      pengaruh
  logika dalam metode istinbat hukum Islam 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 10 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan teori
  penalaran hukum klasik 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan teori
  penalaran hukum klasik | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      teori
  penalaran hukum klasik 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 11 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan perkembangan
  teori hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan perkembangan
  teori hukum Islam 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Perkembangan teori hukum Islan 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan landasan teoritis dalam hukum Islam 
 | Mahasiswa dapat menjelaskan landasan
  teoritis dalam hukum Islam  | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      landasan
  teoritis dalam hukum Islam 
 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 13 | Mahasiswa
  mampu memahami asimilasi
  logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat memahami asimilasi
  logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam 
 | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -    Asimilasi
  logika Yunani dalam perkembangan teori hukum Islam 
 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 14 | Mahasiswa
  mampu memahami penalaran
  induktif dalam kajian hukum Islam 
 | Mahasiswa
  dapat memahami penalaran
  induktif dalam kajian hukum Islam | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -    Penalaran
  induktif dalam kajian hukum Islam   
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 15 | Mahasiswa
  mampu menjelaskan teori induksi
  dalam penalaran hukum al-Syatibi 
 | Mahasiswa
  dapat menjelaskan teori induksi
  dalam penalaran hukum al-Syatibi | Kriteria: Mahasiswa secara tepat dan sesuai penguasaannya 
 Bentuk Penilaian: 1. Penulisan
  makalah 2. Presentasi 
 | -      Biografi al-Syatibi -      Teori induksi
  dalam penalaran hukum al-Syatibi 
 | -      Interactive lecturing -      Tanya jawab -      Diskusi | 90 menit | 
 | 
| 16 | Ujian Akhir Semester (UAS) 40% | ||||||

 

Post a Comment for "RPS Logika Hukum Islam Terbaru"