Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Plagiarisme Gratis Bagi Mahasiswa Menggunakan Duplichecker

Cek plagiarisme gratis adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa terlebih juga bagi para dosen. Cek plagiarisme ini ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Untuk mahasiswa cocok yang gratis saja, agar lebih hemat. Hanya saja jatah ceknya hanya 1000 kata setiap cek. Sedangkan yang berbayar bisa cek unlimited kata setiap cek.

Manfaat dari tools ini adalah untuk mengetahui kadar plagiat atau kopi paste dari suatu tulisan seperti makalah, essay, opini, dan artikel lain yang diperlukan. Dengan tools ini kita dapat membuat tulisan yang kita buat menjadi benar-benar murni hasil kreasi kita. Tentunya refrensi pada tulisan tersebut tetap harus dicantumkan jika yang ditulis adalah makalah.

Cara Cek Plagiarisme Gratis Menggunakan Tools Duplichecker.com

Pertama, buka website https://www.duplichecker.com/id. Akan muncul laman seperti di bawah. Kita hanya bisa mengecek tulisan kita maksimal/paling banyak 1000 kata. Perhatikan yang di lingkar merah. Jika lebih, biasanya ada peringatan, silahkan hapus beberapa teks hingga mencapai kurang dari 1000 kata.

Cek Plagiarisme Gratis

Kedua, silahkan kopi makalah kita maksimal 1000 kata. Kemudian pasti pada kolom tepatnya di bawah tulisan “silahkan masukkan teks anda di bawah ini dan tekan periksa Plagiarisme.” Perhatikan gambar yang digaris merah pada langkah pertama.

Ketiga, setelah dipaste di kolom tersebut. Silahkan geser ke bawah sampai menemukan tombol PERIKSA PLAGIARISME. Klik tombol tersebut. Perhatikan yang dilingkar merah pada gambar di bawah.

Cek Plagiarisme Gratis

Keempat, tunggu sampai muncul laman seperti di bawah. Jika sudah tampil perhatikan lingkar merah pada gambar di bawah. Di lingkar itulah nilai atau presentase kadar plagiat tulisan kita. Semakin tinggi angka presentasenya, maka semakin tinggi pula plagiatnya. Tulisan yang ideal paling tidak, kadar plagiatnya paling tinggi mencapai 30% untuk makalah. Perhatikan gambar di bawah, tulisan saya 0 % plagiat. Itu artinya, tulisan itu murni hasil kreasi saya.

Cara cek plagiarism gratis

Demikian tutorial cek plagiarisme gratis bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat. 

Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Cek Plagiarisme Gratis Bagi Mahasiswa Menggunakan Duplichecker"

close