Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Thursday, June 14, 2012

Cara Memeroleh Kebahagiaan Menurut Al-Farabi

Oleh Hairus Saleh
Mahasiswa Aqidah Filsafat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dalam penjelasannya, al-Farabi mengatakan bahwa untuk mencapai kebahagiaan, manusia harus terlebih dahulu menyucikan jiwa-jiwa, karena kebahagiaan hanya bisa dicapai oleh jiwa-jiwa yang suci dan bersih yang mampu menembus tabir-tabir gaib dan naik ke alam cahaya dan keindahan. Ruh yang suci itu sampai melihat alam gaib, mendengar sambutan dan melintasi alam inderawi menuju alam kesaksian yang hakiki dan keindahan abadi.
Taken from: Ibrahim Madkour, Filsafat Islam: Metode dan Penerapan

2 comments:

Anonymous said...

ikut share copas ah

Kebahagiaan

Menurut Al-Farabi, Kebahagiaan adalah pencapaian kesempurnaan akhir bagi manusia. dengan perilaku, berpikir adalah perilaku yang dapat mewujudkan kebahagiaan bagi manusia.
Al-Farabi mengatakan, kebahagiaan yaitu jika manusia mengalami proses kesempurnaan dalam eksistensinya sehingga tegaknya jiwa tidak membutuhkan materi.
Perilaku berkeinginan yang bermanfaat dalam mencapai kebahagiaan adalah perilaku yang baik, sedangkan perilaku yang menghambat kebahagiaan adalah kejahatan, yaitu perilaku buruk.
Teori Al-Farabi tentang kebahagiaan telah mempengaruhi pemikiran kaum filsuf abad pertengahan dari kalangan Kristen. Teorinya juga berpengaruh sampai ke sebagiaan filsuf zaman modern.


http://dindingnusantara.blogspot.com/2009/06/al-farabi-bagian-ii.html

Annisa

Hairus Saleh said...

sip.. terimakasih sobb

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review