Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Harus Istilah Falsafah, bukan Filsafat?


Oleh Hairus Saleh
Mahasiswa Falsafah Islam UIN Syarif Hidayatullah
Mengapa di blog ini dan di berbagai tulisan di luar blog ini penulis selalu menggunakan istilah falsafah ataufalsafat? mengapa tidak menggunakan istilah filsafat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang termaktub dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia? Apa sebenarnya di balik semua ini?
Secara bahasa falsafah berasal dari bahasa Yunani, philo dan sophia yang berarti cinta akan kebijakan atau kebenaran, sebagaimana dijelaskan dalam pengertian falsafah yang pernah disajikan di pembahasan sebelumnya. Akan tetapi, di Indonesia tidak disebut dengan istilah philosophia, karena memang bangsa Yunani atau yang berbasa Yunani tidak pernah berhubungan langsung dengan warga Indonesia.
Penyebaran falsafah di seluruh pelosok dunia, melalui Mesir, Persia, Syiria dan negara di bawah kekuasaan Alexander. Baru kemudian dari Mesir, Syiria dan Persia itu, falsafah berhubungan dengan dunia Islam, pada waktu ekspansi Islam atau islamisasi dunia. Di tangan Islam, istilah philosophia berubah menjadi falsafah. Kemudian, dari islam ini lah bangsa Indonesia pertamakali mengenal istilah falsafah. begitulah pendapat saya.
Kata filsafat dalam istilah bahasa Indonesia berawal dari bahasa Arab, yaitu falsafa, yang timbangannya ialah fa’lala, fa’lala dan fi’lal bukan berasal dari bahasa Inggris. Alasannya, bahwa bahasa Arab lebih awal memengaruhi bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa Inggris. Kata benda dari falsafa itu ialah falsafah dan filsaf. Oleh karena itu, seharusnya bukan kata filsafat yang digunakan, tetapi falsafah atau falsafat. Kalau berasal dari bahasa Inggris itu tidak mungkin, karena bahasa Inggris menggunakan istilah philosophy. Sehingga kata filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan suatu istilah yang tidak tepat, terdapat kesimpangsiuran, karena merupakan gabungan antara istilah bahasa Arab dengan bahasa Inggris yaitu fat (bahasa Arab) dan fil (dari bahasa Inggris).

Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Mengapa Harus Istilah Falsafah, bukan Filsafat?"

close