Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Tuesday, December 1, 2015

Renungan Akademisi

Tampaknya para akademisi sudah mulai sibuk. Entah sibuk dengan apa, bisa saja sibuk mencari kesejahteraan hidup dirinya, sehingga lupa memikirkan hal-hal besar mengenai kemiskinan, ketidak adilah, adudomba dan kawan-kawannya.

Kami selalu bertanya kepada keadaan tentang keberadaan para akademisi ketika kemiskinan kini menjangkit banyak elemen masyarakat. Kami selalu mencari peran para akademisi ketika katidak adilan mencabik-cabik kaum lemah.

Kami dengar, para akademisi adalah sosok yang paling kritis atas keadaan sosial yang menyimpang dari jalur-jalur yang seharusnya. Konon, para akademisi merupakan orang pertama yang turun tangan tuk memperjuangkan keadalan yang ideal.

Namun, akhir-akhir ini kami kesulitan melihat sosoknya. Kemana mereka pergi, apakah kalian baik-baik saja para akademisi? apakah kalian sedang sibuk mencari keuntungan pribadi dibawah ketiak para politisi dan penguasa? ataukah kalian sedang sibuk mencari popularitas semu?

Wahai para akademisi, kami ingin menunjukkan kepada kalian semua bahwa praktek korupsi tidak hanya terjadi di jajaran pimpinan penguasa, tetapi sudah merasuk keseluruh elemen pemerintah dan yang terkait. Tampaknya, praktek korupsi terjadi dari atas sampai ke jajaran paling bawah. Misalkan, pembuatan jalan pedesaan yang jauh dari kwalitas layak, disebabkan karena uangnya dikorupsi. Anehnya para pengawas yang mendatangi lokasi tersebut menutup mata. Hal itu tidak hanya terjadi pada satu proyek di pedesaan, tetapi hampir keseluruhan.

Di saat seperti itu, kemana para akademisi yang berpengetahuan dan kritis itu. Seharusnya mereka juga berperan terhadap perbaikan keadaan itu. Turun dan kritisi praktek manipulasi dan korupsi itu sampai semuanya berjalan dengan baik. Tentu langkah-langkahnya harus sesuai dengan undang-undang.

Sedikit penjelasan ini hanyalah suatu contoh belaka, masih banyak praktek-praktek korupsi dan ketidak adilan yang mengakibatkan keterpurukan kita baik di bidang ekonomi dan lainnya yang perlu kita perjuangkan bersaha.

Kepada para akademisi, ayok bersama kita kawal laju pembangunan bangsa kita, ayok kita berpikir keras untuk mengkaji masalah dasarnya dan kemudian mencari solusi yang paling baik untuk mencapai kesejahteraan dan ketentraman bersama.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review