Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Saturday, April 13, 2013

Sekilas Tentang Arek Lancor

Arek lancor ini merupakan senjata masyarakat Madura pada umumnya, tidak sebatas digunakan masyarakat Pamekasan. Masyarakat Madura mengenal celurit pada abad ke-8 M. abad ini adalah abad penindasan pemerintah belanda terhadap masyarakat jawa timur termasuk juga madura.

Pemerintah belanda menekan masyarakat untuk menjual murah tanah-tanah mereka untuk ditanami tebu serta masyarakat juga dipaksa untuk bekerja diladangnya tersebut dengan upah yang tidak sewajarnya. Ngerinya, pemerintah belanda tidak segan-segan memukul, menyiksa bahkan membunuh mereka yang membangkang terhadap kehendak bebasnya.

Penindasan terus meraja lela sampai lahir seorang tokoh pemberontak yang gagah berani. Ia adalah sakera. Ini tokoh legendaris masyarakat Madura yang memunyai jasa besar dalam menulak penindasan dan membela yang lemah.

Sakera sebagai orang yang berani, ia dengan tegas dan tanpa ragu membunuh antek-antek belanda yang menindas masyarakat lemah. Sedangkang senjata yang digunakannya ialah celurit. Saat itu lah arek lancor menjadi senjata perjuangan untuk membasmi ketidak adilan serta penindasan.

Sejak itu lah masyarakat yang awalnya tidak berani melawan sifat Belanda dzalim, masyarakat mulai berkobar untuk meghadapi penjajah dengan gagah dan berani dengan menggunakan celurit. Gerakan masyarakat celurit ini lah mampu membuat belanda kwalahan menganinya. Sehingga ia harus membayar pembunuh bayaran dari pribumi itu sendiri. Cukup lah kiranya kupasan tentang arek lancor.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review