Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Alienasi Karl Marx

Alienasi disebut juga dengan pengasingan. Sedangkan artinya ialah suatu keadaan manusia yang dikuasai oleh kekuatan-kekeuatan yang tercipta oleh kreasinya sendiri, yang merupakan kekuatan yang melawan manusia itu sendiri.
Pengasingan ada dan dijumpai orang di mana-mana dalam segala bidang dan dalam semua lembaga di mana manusia memasukinya. Tetapi alienasi yang paling penting adalah alienasi yang dijumpai di tempat orang bekerja. Alienasi sedemikian ini merupakan alienasi yang paling penting menurut Marx, terutama karena baginya manusia merupakan “Homo Faber” yaitu manusia sebagai pekerja dan pencipta.
Alienasi ekonomi dibawah kapitalisme adalah bagian dari kegiatan manusia sehari-hari dan tidak hanya merupakan aktivitas pikirannya belaka, sebagai bentuk-bentuk lain alienasi yang ada. Alienasi religius hanya terdapat dalam pikiran manusia dalam kehidupan batinnya tetapi alienasi ekonomi merupakan sesuatu yang nyata dalam kehidupan dan oleh karena itu alienasi sedemikian ini menyangkut kepada kedua aspek kehidupan, yaitu pikiran dan kenyataan.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Post a Comment for "Tentang Alienasi Karl Marx"

close