Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas tentang Theisme, Deisme dan Panteisme

Oleh Munawwaroh
Mahasiswi Semester VI Aqidah Filsafat B
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Theisme, berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang maha sempurna, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Ciri lain dari theisme bahwasannya Tuhan setelah menciptakan alam,  ia tetap aktif  mengawasi dan memeliharanya. Karena itu Theisme menyakini kebenaran mu’jizat, begitu juga ketika seseorang berdoa maka akan didengar dan dikabulkan oleh Tuhan kerena ia Maha Pendengar.
                                 
Deisme, menurut paham ini Tuhan berada jauh di luar alam. Tuhan menciptakan alam, namun setelah menciptakannya ia tidak lagi memperhatikan dan memelihara alam lagi. Alam berjalan dengan sesuai dengan peraturan-peraturan  yang telah ditetapkan ketika proses penciptaan. Menurut paham deisme Tuhan diibaratkan sebagai tukang jam yang sangat ahli, sehingga setelah jam itu selesai tidak membutuhkan si pembuatnya lagi. Jam itu berjalan sesuai dengan mekanisme yang tersusun dengan rapi. Apabila ala mini mengalami kerusakan, alam tidak membutuhkan Tuhan untuk memperbaikinya Karena alam sudah mempunyai mekanisme sendiri untuk menjaga keseimbangan.

Panteisme, pan berarti seluruh. Dengan demikian panteisme mengandung arti seluruhnya Tuhan. Paham ini berpendapat bahwa seluruh ala mini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam. Benda-benda yang dapat ditangkap oleh panca indera adalah bagian dari Tuhan. Manusia, binatang, tumbuhan dan benda mati adalah bagian dari Tuhan. Tuhan dalam panteisme ini sangat dekat dengan alam.
Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

5 comments for "Sekilas tentang Theisme, Deisme dan Panteisme"

Unknown September 22, 2016 at 12:31 PM Delete Comment
anjayy :v
Hairus Saleh September 30, 2016 at 8:44 AM Delete Comment
thanks..
Unknown June 15, 2017 at 9:59 AM Delete Comment
Thanks
Anonymous October 3, 2018 at 6:36 AM Delete Comment
Apakah theisme dan eklektisme itu sama?
Hairus Saleh October 9, 2018 at 8:28 AM Delete Comment
Berbeda kak. Eklektisme itu paham yg menggabungkan beberapa paham. Jadi beberapa paham yg dianggap baik dan sesuai dgnya maka diambil dan digabungkan. Klo theisme sebagai mana dijelaskan di atas.
close