Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Sunday, April 15, 2012

Mengenal Diri Sebagai Kunci Hidup

Oleh Hairus Saleh
Mahasiswa UIN Jakarta
Dikutip dari Rangkuman Bapak Asep
Menurut Socrates adalah mengenal diri sendiri itu merupakan kuci utama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lain yang ada dalam hidup sehari-hari. Yang ditandai dengan tertulisnya nosce te ipsum (bahasa Latin), atau dalam bahasa Yunani gnothi seauton (470-399 SM) di pintu gerbang masuk Kuil Apolo di Dhelpy.

Jadi memang menganal diri sendiri ini sangat begitu penting dalam kehidupan. Karena segala gejala yang tampak dalam ranah kehidupan manusia seperti kejahatan dan kebaikan, keadilan dan ketimpangan dan lainnya, semua lahir dari manusia itu sendiri. Sehingga kalau manusia hendak mengatahui jawaban mengapa dan bagaimana segala kebaikan, keburukan, ketidak acuhan, penyelewengan wewenang dan keadilan ada. maka tidak lain dan tidak boleh tidak, manusia harus memahami dirinya sendiri terlebih dahulu. Namun ini tidak mudah, mengingat manusia yang begitu kompleks.

Kalau eksistensi manusia sudah terbuka, manusia pun bisa mengetahui siapa dirinya itu, tujuan hidupnya dan mengetahui apa tugas dan kewajibannya sebagai manusia yang hidup di dunia bersama makhluk lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review