Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Tuesday, January 3, 2012

Rangkuman Matakuliah PMDI

Turki Muda
Duan Turki muda 1. Kelompok liberal yang menginginkan desentralisasi dan pemberian beberapa hak khusus bagi kelompok minuritas. 2. Kelompok nasionalis yang menginginkan dominasi bangsa Turki dan kekuasaan yang berpusat.
Kemjuan yang Dicapai
Perdagangan umumnya mulai berpindah ketangan orang-orang Turki. Pendidikan mendapat perhatian khusus. Pakaian pun mengalami perubahan. Surat kabar mulai mencetak sangat banyak.
Tokoh
Ahmad Riza
Pembaharuan yang dilakukan ialah ingin mengubah pemerintah yang absolut kepada pemerintah konstitusional
Mahmed Murad
Mundurnya kerajaan usmani karena kekuasaan sultan yang terlalu absolut sehingga kekuasaannya harus dibatasi. Sedangkan kelemahannya ialah renggangnya hubungan istambul dengan daerah-daerah lain.
Sahabuddin
Kemunduran Turki karena masyarakat Turki yang bercorak kolektif sehingga sulit untuk berubah dalam kemajuan. Menurutnya, masyarakat yang maju ialah masyarakat yang berdiri sendiri, sanggup berusaha sendiri untuk melakukan transformasi dalam berbagai aspek.
Desentralisasi di bidang pemerintahan sangat dibutuhkan. Untuk mengubah masyarakat harus memajukan pendidikan.

Sayyid Ahmad Khan
Kedudukan umat islam India bisa diwujudkan dengan kerjasama dengan inggris. Islam India mundur karena mereka tidak mengikuti perkembangan zaman. Sistem perkawinan dalam islam adalah monogami. Islam tidak bisa satu negara dengan hindu. Ia menulak faham taklid.
Untuk menggapai kemajuan mental masyarakat harus dirubah dahulu agar percaya pada kekuatan akal, kebebasan manusia dan hukum alam.
1879 ia mendirikan sekolah Muhammdedan Anglo Oriental College (MAOC) di aligarh yang kemudian menjadi universita islam aligarh.

Hasan al Bana
Islam pada dasarnya terdiri dari akidah, ibadah, negara, kenegaraan, toleransi, kekuatan, moral, material, peradaban dan perundang-undangan. Sedangkan politik dibagi menjadi dua, 1. Politik internal, 2. Politik eksternal.
Negara ialah salah satu alat untuk menyebarkan islam. Sistem demokrasi merupakan suatu keniscayaan dengan syarat negara tersebut sudah mapan.


Tanzimat
Tanzimat ialah gerakan pembaharuan di Turki yang diperkenalkan ke dalam sistem birokrasi dan pemerintaha Turki usmai semenjak pemerintaha sulta abd al majid. Tujuannya umumnya ialah kebebasan individu, melindungi kerajaan Turki dan memersatukan masyarakat Turki.
Dari segi hukum, tujuannya ialah untuk menjadikan hukum usmai diterima oleh masyarakat eropa dan untuk memodernisasi sistem hukum islam tradisional.
Tokoh
Mustafa Pasya
Revolusi yang dilakukan ialah membentuk tentara nizam dalam bentuk yang baru dan membentuk suatu lembaga kerajaan yang besar (para pejabat tinggi, gubernur, pasya dan ayan yang berasal dari seluruh penjuru negeri). Selain itu, juga merombak organisasi janissari dengan membela hak-hak yang lebih memuaskan kepada para derebey dan ayan.
Mustafa Rasyid Pasya
Jasanya sebagai orang yang berinisiatif untuk mengumumkan suatu perubahan yang dikenal dengan sebutan tanzimat.
Mehmed Sadik Rifat Pasya
Kemajuan bisa digapai dengan meruntuhkan pemerintahan absolut. Langkahnya dengan dibuat undang-undang yang mengarahkan seluruh potensi yang dimiliki kerajaan Turki ke demokratis. Kesejahteraan rakyat disiasati dengan meningkatkan kualitas perdagangan dan mutu teknologi pertanian.
Pembaharuannya, kewajiban sultan1. Menjaga keamanan harta milik seluruh harta masyarakat. 2. Penyetaraan kedudukan seluruh umat beragama.


Muhammad Iqbal
Sebab keterbelakangan islam. 1. Mistisme asketik yang terlalu berlebihan. 2. Hilangnya semangat induktif. 3. Adanya otoritas perundang-undangan secara totalitas yang melumpuhkan perkembangan probadi dan menebabkan hkuk islam praktis tidak bisa bergerak sama sekali.
Menurutnya hukum islam tidak pernah terlepas dari gesekan budaya di suatu tempata tertentu dan di saat tertentu.


Para Murid Muhammad Abduh
Muhammad Farid Wajdi
Islam harus menyesuaikan dengan budaya.
Tantawi Jauhari
Ia menekankan bahwa sunnatullah tidak berubah-ubah, hukum alam yang diciptakan Sang Tanpa Nama dan yang harus dipatuhi alam dalam peredarannya.
Qosim Amin
Dalam pembelaannya terhadap emansipasi wanita, ia mengatakan bahwa hijab wanita bukanlah kewajiban atau tradisi al Qur’an yang wajib mereka gunakan setiap saat.
Sa’at Zaglul
Ia memperjuangkan nasionalisme Mesir, buka memperjuangkan nasionalisme arab. Sekolah ia perbanyak. Pengantar bahasa inggris sedikit demi sedikit diubah menjadi bahasa arab.
Ahmad Lutfi Al Sayyid
Negara yang menjadi idamannya ialah negara yang bercorak liberal, sedangkan yang menjadi pimpinan oleh seorang rasa yang absolut ia tentang, karena ia juga memperjuangkan kemerdekaan nasionalis Mesir.


Gerakan Mujahidin di India
Sebabnya, adanya kesatuan moderenis.
Sayyid ahmad, menawarkan sistem pemerintahan dari monarki kepada sistem imamah yaitu dipimpin oleh seorang imam. Tugas imam, mengangkat khilafah sebagai wakilnya di kota-kota penting. Tugas khalifah itu mengumpulakan zakat untuk pemerintahan imam dan mencari mujahidin untuk meneruskan jihad.
Imam Khumaini
Sebagai penggerak masyarakat untuk meruntuhkan pemerintahan syah.


Aligarh Syaikh Ahmad Khan (India)
Gerakan di India melawan Ingris... kemajuannya (kurikulum) = Pelakaran umum, ilmu alam, filsafat, humaniora. (Bahasa) = bhs Inggris menjadi bahasa pengantar

Sayyid Abdul A’la Maududi (India)
Idiologinya, 1).membuat pandangan intelektual dengan menanamkan sikap islam 2). Berjuang dengan nuansa islam 3). Membuat cara dan sarana perjuangan bagi negara yang sempurna dengan menggambarkan prinsip2 sosial, ekonomi dan politik


Muhammad Ali Jinnah (India)
Penggagas Pakistan agar islam dapat ibadah dgn damai dan Liga Muslim : 1) meningkatkan loyalitas muslim di mata pemerintahan inggris 2) meningkatkan hak2 politik muslim kepemerintahan Inggris 3)menghindari permusihan islam dgn komunis.


Fazlur Rahman
Empat gerakan dialegtika pembaharuan menurut Fazlur Rahman. 1. Revivalisme pramodernisme. 2. Modernisme klasik. 3. Neorevivalisme pramodernis. 4. Noemodernisme.
Pemahaman tentang hadis, al Qur’an harus disesuaikan dengan zaman. Sedangkan pembaharuan islam ialah dengan menerima pendidikan sekular modern seperti yang telah berkembang pada umumnya di barat dan mencoba untuk mengislamkannya.


Sayyid Kutub
Islam adalah berisi tentang segala aspek teori dan praktek yang tak terbatasi oleh waktu. Kuci dari program sosial dan politiknya ialah organisme dan konotasi korporatisme.


Sayyed Husen Nasr
Tokoh ini adalah salah saatu penentang barat. Dan ia juga mengungkap pengaruh sufisme islam di barat, dan juga mengembangkan pemikiran islam kekinian.
Ia mengatakan bahwa manusia yang dalam lingkaran eksistensi –kritikan terhadap barat- hanya malapetaka yang mendorong manusia memandang segala sesuatu dari segi yang terbatas, diri sendiri, dan tidak sesuai dengan realita yang sesunggunya.
Kemungkinan sufisme akan mempengaruhi barat dalam tiga level. 1 dilaksanakan secara aktif. 2.dari perkenalannya dengan islam dalam bentuk yang lebih menarik. 3. Untuk mengingatkan dan menjaga orang barat dari tidur.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review