Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Friday, January 27, 2012

Bromo Bantah Keindahan Dunia Hayal

Foto di Bromo oleh Hairus Saleh
Pemandangan indah tidak lagi berada di dunia hayal, lukisan, cerita atau dongen.belaka. Namun, keindahan yang sebenarnya itu ada dan ril di di alam semesta.

Tidak sedikit orang berkeyakinan bahwa keindahan panorama itu hanyalah di gambar atau lukisan belaka. Pemikiran semacam itu sebenarnya disebabkan pemikiran yang mengklaim bahwa imajinasi seseorang melebihi keindahan alam itu sendiri. Oleh karena itu, keindahan hanya ada dan tergores pada karya seni belaka.

Namun, pemikiran seperti itu tidak bisa disalahkan secara total. terdapat alasan yang dapat membenarkan pemahaman itu. Kalau diperhatikan, benar bahwa lukiran-lukiran yang tergores di suatu media tertentu mempunyai keindahan yang sangat menakjubkan. Keindahan itu, seakan tidak pernah ditemui pada alam semesta ini. Keindahan itu adalah hasil imajinasi dari seniman yang membuatnya.

Pemahan ini sesuai dengan pemikiran Aristoteles yang mengatakan bahwa keindahan itu ada pada karya seni, sedangkan karya seni itu adalah tiruan dari alam. Di sini disebutkan bahwa keindahan itu adalah sejauh mana karya seni menyerupai alam. Semakin dekat dengan alam, semakin indah seni itu.

Terdapat hal yang perlu di fahami, yaitu keindahan akan hasil tiruan itu sebenarnya hanyalah suatu tipuan belaka. Keindahan itu hanya ada dalam dunia metafisik belaka yang sama sekali tidak ril adanya. Keindahan alam lah keindahan yang hakiki. ia keindahan yang nyata. Pernyataan ini diperkuat dengan keindahan alam  Bromo.

Gambar di atas adalah gambar yang diambil dari sana. Orang-orang akan menganggap foto itu indah. Namun, pada hakikatnya bukan foto itu yang indah, akan tetapi fakta atau realitanya yang benar-benar indah. Dalam kasus ini, pemandangan Bromo dan orangnya yang memang nyata indah.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review