Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Monday, June 6, 2011

Resensi Buku mencerdaskan otak


Penullis : Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA
Status   : dosen hadis pascasrjana UIN Jakarta
 
Dzikir, wirid dan doa yang ada dibuku ini tidak sembarang doa. Tetapi seluruh bacaan disini murni diambli dari al Qur’an dan Hadis Shahih dan bisa dipertanggung jawabkan sesuai dengan keahlian penulis yang merupakan ahli hadis yang sudah tidak diragukan lagi.
Mungkinkah dzikir, wirida dan doa dapat lebih mencerdaskan otak?, bukankah untuk mencerdaskan otak cukup dengan belajar? Pertanyaan ini pasti muncul dibenak para pembaca.
Doa memang sangat berpengaruh pada perkembangan kenerja otak. Karena ketika kita menyebut nama Allah, maka makna yang sangat luas dan luar biasa dahsyat dibalik kata itu. Di situ terdapat konsep tuhan yang maha segalanya.

Jika hal ini terjadai pada dzikir lisan, maka dzikir pikir akan lebih dahsyad lagi. Otak akan bekerja lebih keras, otak lebih diminta untuk lebih mengoptimalkan fungsinya, otak akan menjadikan alam sebagai bahan inspirasi untuk lebih banyak berpikir dan berpikir lagi. Jika otak biasa digunakan sesuai dengan fungsinya, maka hasilnya akan lebih tajam. Jika seseorang semakin terbiasa melakukan hal ini, maka dipastikan otaknya akan lebih cerdas dari sebelumnya. Nilai plus dari hal ini adalah hati dan iman akan selalu mengawal arus tingkah lakunya agar tidak melanggar kontrak social ataupun aturan lainnya.

Banyak contoh yang bisa dijadikan bukti kebenaran fungsi ini. Diantaranya adalah para ilmuan besar seperti al Kindi, al Ghazali, Ibnu Rusyd, al Khawarizmi dan lain sebagainya. Selain ilmuan, mereka juga sebagai ahli dzikir. Disamping itu dalam al qur’an juga dijelaskan bahwa orang-orang yang alim adalah orang-orang yang ahli dzikir seperti yang tersirat dalam (QS. 35:28) dan (QS. 3:190-193).

Untuk pemesanan hub: 087850584379 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review