Selamat Datang di Sabda Hairus Saleh

Sunday, March 27, 2011

Cara Membuat Blog Gratis

Setiap pendaftar pasti ada persyaratan, begitu pula dengan pendaftaran blogger. Sebelum mendaftar di blogger.com, terlebih dahulu anda harus memiliki e-mail yang masih aktif. Blogger tidak membatasi e-mail dari situs mana yang boleh mendaftar. Untuk itu, anda boleh mendaftar dengan e-mail milik yahoo!, gmail, e-mail perusahaan, atau yang lainnya. Lalu, ikuti langkah membuat blog berikut ini:

1. Jalankan situs blogger yang beralamatkan http://www.blogger.com
2. Muncul halaman utama blogger seperti berikut ini.
 

Gambar 1. Halaman depan blogger.com
Di bagian kanan bawah halaman tersebut, terdapat tombol ciptakan blog anda. Klik tombol tersebut untuk mendapatkan form ciptakan akun seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Gambar 2. Form untuk mendaftarkan aku google.
3. Ada beberapa kolom yang harus anda isi di halaman tersebut.
Alamat e-mail: isilah dengan mengetikkan alamat email anda.
Ketik ulang alamat e-mail: isi dengan mengetikkan alamat e-mail anda lagi. Kolom ini berfungsi untuk mengecek kebenaran e-mail anda.
Masukkan sebuah password: isi dengan mengetikkan password yang anda kehendaki untuk mengakses halaman administrasi blog anda.
Ketik ulang sandi: ketikan kembali password yang sebelumnya telah anda masukkan di kolom masukkan sebuah password.
Nama tampilan: isi dengan sebuah nama yang anda inginkan. Nama ini adalah nama author yang akan ditampilkan ketika anda mementri sebuah artikel.
Nama ini akan muncul secara otomatis di bawah artikel tersebut.
Verifikasi kata: isi dengan mengetikkan karakter yang muncul. Kolom ini berfungsi untuk mengatisipasi adanya pendaftaran otomatis oleh mesin. Mesin tidak bisa secara otomatis membaca kode tersebut. Kolom ini merupakan bentuk pengalaman blogger.com dri ancaman tersebut.
4. Setelah semua kolom terisi dengan baik, centang checkbox penerimaan persyaratan untuk menyetujui persyaratan yang ada.
5. Klik tombol lanjutkan untuk melanjutkan proses.
6. Muncul halaman seperti berikut ini:

Gambar 3. Form mendaftar blog baru.
Dihalaman tersebut terdapat dua kolom yang harus diisi.
Judul blog: isi dengan judul blog yang anda inginkan. Judul ini akan muncul di header dalaman blog anda. Untuk itu, buatlah judul yang dapat mewakili isi blog anda.
Alamat blog: isilah dengan alamat yang anda inginkan. Alamaat inilah yang nantinya dapat di akses oleh setiap orang. Karena sudah menyangkut banya orang, buatlah alamat yang mudak untuk diingat orang lain. Misalnya: sabdakhairus.
7. Klik link cek ketersediaan untuk mengecek apakah alamat yang anda masukkan masih tersedia atauka suda tidak tersedia lagi. Jika ternyata masih tersedia, nantinya anda akan mengakses blog anda dengan alamat http://sabdakhairus.blogspot.com.
8. Untuk meneruskan proses pendaftaran, klik tombol lanjutkan yang terletak di halaman sebelah kanan bawah.
9. Muncul halaman untuk memilih templat (tema desain) blog. Di halaman tersebut tersedia berbagai pilihan template yang semuanya dapat anda pilih seara bebas. Untuk memilih salah satu template, centang checkbox di bawah template yang anda inginkan. Penentuan template ini tidak permanen. Ertinya, anda bisa mengubah-ubah template ini kapan saja.

Gambar 4. Halaman untuk memlih template.
10. Klik tombol lanjutkan untuk memproses pendaftaran.
11. Munul halaman seperti gambar 9 yang member tanda bahwa pendaftaran dan pembuatan blog anda telah berhasi dibuat.
12. Klik tombol mulai blogging untu memulai blogging.

Gambar 5. Halaman yang menandakan blog telah berhasil dibuat.
10. Semoga berhasil.....

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review